Senin, 22 Agustus 2016

Waspadalah! Berikut Ini Tempat Dimana Kita Kadang Sering Ditipu.. !!

Waspadalah! Berikut Ini Tempat Dimana Kita Kadang Sering Ditipu.. !!



Banyak cara-cara untuk 'menghalalkan cara' agar keuntungan seseorang didapat, memperkaya diri, memenuhi keinginan diri sendiri bahkan untuk keluarga, “nauzu billahi min zalik” (“Kami berlindung dengan Allah daripada perkara (perkara buruk) tersebut (daripada menimpa kami).”

Dari pengamatan, pengalaman dan beberapa sumber yang ane baca, ada beberapa yang saya sebut sebagai spot atau titik dimana kita sering ditipu atau ketipu yang bisa jadi karena kelalaian kita juga. Maka di thread ane kali ini sekedar mengingatkan ente semua agar lebih teliti dan peduli dirisendiri agar tidak mudah ditipu terutama dalam keseharian kita. Dimana saja sih spot tempat terjadinya kriminnal kecil - kecilan terjadi ?
  • PARKIR
 

Sepertinya udah jadi rahasia umum kalau lahan parkiran bisa menjadi tempat basah bagi mereka petugas jaga parkir. Dengan membulatkan harga, membulatkan jam registrasi masuk kendaraan, dan lebih parahnya melipat gandakan ongkos parkir tanpa sepengetahuan pemilik kendaraan.

Kita sebagai konsumen, wajib menerima dan mengecek print out selama ente parkir mulai dari masuk, lalu hitunglah total pembayarannya. Mesin printout rusak, layar monitor petugas jaga tidak dihadapkan ke konsumen, tulisan print out terbalik, kertas print habis, adalah kemungkinan salah satu ciri-ciri petugas parkir menipu kita. Kita wajib teliti dan tak perlu tergesa-gesa pergi untuk croscek kembali total pembayaran agar kita tidak lagi ditipu.
  • MINI HINGGA SUPERMARKET
 

Ini juga udah menjadi rahasia umum, konsumen terburu-buru, karena lalai menjadi peluang ditipunya konsumen. Dimulai dari beda harga bayar kasir dengan harga yang tertera di rak produk, sumbangan yang tidak benar-benar di salurkan ( dari mana kita tahu?) dan tidak masuk dalam print out, kembalian permen ( bukan uang ), kembalian tidak sesuai total harga belanja.
  • SPBU




tasiun Pengisian Bahan Bakar, yup pombensin. Kita tahu banyak yang membutuhkan spbu ini. Kasus tipu menipu di tempat ini waktu lalu juga sempat viral, dengan alat canggih petugas pombensin mampu memanipulasi jumlah transaksi dari jarak jauh, gilak! Contoh lainnya adalah kecurangan dengan cara emmainkan nozzle, atau tuas pengisian bensin dengan cara stop and go keluar masuknya bensin ke tangki, meteran argo yang laju terlalu kencang atau meloncat-locat (bisa di setel), uang kembalian yang tidak sesuai, uang rusak, uang palsu dan mungkin masih banyak lagi.

Dan modus baru dialami oleh TS sendiri ketika ane mengisi bensin di Self Service SPBU Pert*min* daerah Fatmawati, Jaksel , ane rasa ada kejanggalan. Ane ditanya " bensinnya apa mas" "Pertamax, mbak" Ane langsung disuruh mengambil tuas dan mengisi sendiri hingga penuh. "Sudah mbak" "Jumlah..sekian" kata mbaknya. Pengisian di spbu macam ini seharusnyakan dg step seperti ini:

Pertama konsumen dipersilakan membayar terlebih dahulu di kasir sesuai dengan jenis bahan bakar dan jumlah liter yang diinginkan. Setelah itu konsumen akan diberikan pin enam digit pada selembar struk pembayaran. Setelah pin diterima konsumen dipersilakan memajukan motor ke mesin pengisian dan mengisi langsung dengan terlebih dahulu memasukan enam digit nomor yang tertulis di selembar struk. Setelah bensin terisi, bukti pengisian akan keluar dari mesin operator pengisian.

Kasus yang ane alami tidak sesuai dengan step diatas, kenapa ane nggak harus menekan 6 digit? kenapa layar monitor seperti berusaha di tutupi oleh petugas? dan gilanya lagi ane sampai menegur si mbak ini. "Setahu saya memainkan hape di pombensin tidak boleh, berbahaya, kenapa mbak melakukannya?" Dia cuma bilang "Maaf" sambil senyum tanpa penyesalan, astagaa! Kita konsumen sekali lagi kudu teliti dan jangan pergi sebelum memeriksa keadaan dan uang yang diterima.
  • GERBANG TOL
 

Kalau ente sedang menggunakan jasa jalan tol tentu ente akan menemui gerbang tol untuk membayarnya. Saat ini trend yang adalah alat pembayaran jenis E-Toll, yup dimana sebenarnya untuk memudahkan dan kepraktisan transaksi rupanya bisa juga menjadi peluang petugas tol untuk menipu kita.

Contoh kasusnya adalah memanipulasi kartu tol yang kita punya, kartu tol yang ditempel dan jumlah saldo yang muncul dilayar monitor bukanlah milik kita, melainkan kartu miliknya yang nominalnya lebih kecil dari kartu e-tol yang kita punya. dalam kondisi panik kemungkinan tanpa sadar kita langsung menerima kartu e-tol tersebut yang sebetulnya adalah kartu palsu milik petugas tersebut. Apakah ada modus lain, mungkin saja bisa terjadi.
  • DISTRO ATAU MALL


 


Point ini kemungkinan lebih ditujukan bagi kaum hawa. Yup, udah taukan kalau kaum hawa kalau udah kalap belanja 'hawa'nya mau habisin uang doan . Tapi gak kemungkinan juga kaum adam juga perlu teliti. Memilih pakaian dengan warna favorite adalah sesuatu yang pribadi dan bicara selera. Tapi tahukan ente, sebelum ente mendapat rayuan dari si spgeh yang 'bahenol' sebaiknya memilih warna kudu teliti dan jeli, memilih warna dibawah lampu pajangan terkadang menipu kita, akan cenderung lebih bagus atau terlihat lebih menarik dari warna aslinya. Guna menghindari tertipunya dalam memilih warna sebaiknya kita bergeser mencari cahaya yang mendekati warna natural atau seperti warna diruangan terbuka, yah gak perlu jauh-jauh juga ntar dikira mau dibawa pulang lagi Begitu juga dalam pemilihan warna pakaian jika ente belanja di online, ente kudu cermat dan waspada terhadap pemilihan warna. Tips lainnya adalah belilah sepatu atau sandal di waktu siang hari, karena di siang hari kondisi tapak kaki kita lebih lebar dari biasanya.
  • PASAR




Ini juga kita kudu waspadai, kita udah pada tahu deh namanya pedagang ada juga yang suka nipu dalam usahanya. Udah jadi rahasia umum juga, yang penting kita kudu waspada dan cermat juga. Pedagang yang nipu misalnya adalah dengan menukar barang yang sudah kita pilih. Pdagang yang nipu seperti misalkan pernah ditemui seorang ibu membeli buah, padahal ketika si ibu memilih sudah yang paling baik dan segar, namun ketika sampai dirumah setelah dibuka ternyata banyak buah yang rusak. Penasaran si ibu esoknya kembali untuk membuktikan. Si ibu mengamati prosesnya jual beli pedagang itu. Kecurangan terbukti ketika si pedagang menimbang dan measukkan ke kantong kresek dan dituker dengan kresek yang sama tapi dg isi buah yang lain dan jelek. Si ibu langsung membuka kedok pedagang ini, dan memang si pedagang sudah menyiapkan beberapa kantong kresek yang sudah terisi buah-buah yang jelek. Memilih buah durian juga ente kudu waspada, untuk menghindari tertipunya konsumen, cara paling simple adalah lebih baik membeli durian minta dibuka di tempat, buat perjanjian dengan pedagang jika rasanya tidak enak jangan ente beli, jika enak langsung masukkan di wadah atau tempat yang ente bawa dari rumah.
  • SHOWROOM 



Showroom rupanya juga menjadi ajang tertipunya kita untuk membeli kendaraan, baik motor atau mobil, terutama kendaraan second. Guna menghindari tertipunya kita solusi terbaik adalah ente sebaiknya mengajak orang yang memehami benar dan orang ini bisa dipercaya tentang kondisi kendaraan yang akan kita beli, test drive, track pemilik asli juga wajib ditelusuri agar kita tidak reot kita dikemudian hari.
  • PASAR HEWAN
 

Memelihara burung hingga kini masih menjadi trend yang bisa dibilang tidak pernah pudar. Buat ente yang masih pemula dalam memilih hewan ini sebaiknya juga di dampingi oleh yang memahami hewan ini. Kondisi kesehatan, bentuk fisik, silsilah atau keturunan rupanya perlu ente ketahui juga, dan terpenting lain juga ketika mungkin ente mau membeli burung yang sudah berbunyi, sebaiknya ente harus mendengarnya sendiri, bukan kata si penjual atau burung berbunyi ketika si penjual dekat si burung. Terkadang sipenjual yang lihai bisa menipu kita dengan suara 'palsu'nya, baik dari mulut atau suara perut. Mau beli secara online? ane tidak sarankan, lebih baik pake prinsip Pantau – Cocok – Bayar, artinya kita kudu datangi dan lihat sendiri.
  • TEMPAT SERVICE
  
 

Barang kesayangan seperti perhiasan, barang langka mungkin suatu saat perlu polesan atau perbaikan. Namanya barang langka kudu ditangani oleh mereka dan tempat yang bisa dippercaya. Tapi tetap kita juga wajib waspada agar tidak jadi korban penipuan. Berbgaia imitasi yang mendekati keaslian kini makin terlihat sama. Ada baiknya saat ente melakukan hal ini minta garansi dan asuransi jika suatu saat ada kendala dengan barang-barang kesayangan ente.

Related Posts

Waspadalah! Berikut Ini Tempat Dimana Kita Kadang Sering Ditipu.. !!
4/ 5
Oleh